Mewujudkan Mimpi Menjadi Pilot

Berbagai hal mesti dipersiapkan untuk menggapai cita-cita menjadi seorang pilot. Bukan hanya terletak pada pesaing yang berat, melainkan juga kemampuan diri harus dipantaskan.

Month: April 2017


Perjuangan untuk Menjadi Pilot


Dunia penerbangan di Indonesia semakin maju dan berkembang setiap tahunnya. Hal ini diiringi pula dengan meningkatnya kebutuhan pilot di maskapai-maskapai penerbangan di tanah air. Tak heran apabila minat siswa untuk bisa menempuh pendidikan di sekolah pilot juga ikut meningkat setiap tahunnya. Hal ini pula yang membuat sebagian orang berpikir bahwa menjadi pilot itu adalah hal yang cukup gampang untuk diraih karena mereka tinggal masuk ke sekolah penerbangan dan setelah lulus bisa langsung ditarik oleh pihak airlines. Opini seperti ini jelas tidaklah begitu benar karena butuh perjuangan untuk menjadi pilot. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi pilot, ketahui dulu apa saja perjuangan untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita Anda tersebut di bawah ini:

Masuk ke sekolah pilot dengan biaya pendidikan yang mahal

Jangan berpikir bahwa masuk ke flight school itu tidak perlu bayar terlalu mahal karena ada cicilan, beasiswa, dan program yang dapat meringankan pengeluaran lainnya. Mengapa? Ketahui bahwa biaya pendidikan di sekolah ini bukan jutaan atau puluhan juta rupiah tapi ratusan juta rupiah. Jika memang ada sekolah penerbangan yang menawarkan program cicilan, jumlah cicilan juga tetap besar karena mencapai ratusan juta rupiah per cicilan. Bagi yang berasal dari keluarga dengan perekonomian menengah ke bawah, disarankan untuk berpikir ulang jika tertarik untuk belajar di sekolah ini. Bagaimana jika Anda sekolah pilot yang murah? Hati-hati karena pada umumnya seluruh sekolah pilot mematok biaya pendidikan di atas 500 juta rupiah. Jika ada yang lebih murah dari biaya tersebut, bisa saja itu sekolah yang tidak berpengalaman atau trik dari penipu untuk meraup keuntungan.

Oleh sebab itu, bagi yang ingin sekolah di sekolah ini, harap menyiapkan uang yang banyak agar tidak diberhentikan di tengah jalan. Itu berarti selain mempersiapkan persyaratan, uang masuk dan biaya pendidikan juga harus dipersiapkan. Sebagai contoh, jika tertarik untuk masuk Deraya, biaya pendidikan yang harus dipersiapkan untuk mengikuti program PPL, CPL, IR, dan ME adalah sebesar USD 81,500. Untuk cara daftar Deraya Flying School lihat di sini.

Beda halnya jika Anda ingin masuk ke sekolah pilot Nusa, biaya yang harus dikeluarkan mencapai 800 juta rupiah lebih. Biaya ini belum ditambah dengan biaya makan, asrama, transport, dan pengulangan ujian. Selain itu, sekolah ini juga menawarkan program cicilan jika memang berminat untuk sekolah di sana. Nah, silahkan cek di sini untuk syarat masuk Nusa Flying School.

Ikut seleksi penerimaan pilot baru di maskapai penerbangan butuh banyak pengorbanan

Walaupun sekolah pilot yang dipilih sudah bekerjasama dengan maskapai penerbangan, peluang untuk bisa langsung bekerja di tempat tersebut tidak akan jauh beda dengan calon pilot yang ikut mendaftar di sana. Beda pula jika sekolah penerbangan tempat Anda belajar tidak bekerjasama dengan airline sama sekali, hal ini akan menambah sulit perjuangan Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Memang, hal utama dan terpenting dalam mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan adalah kemampuan tapi Anda tidak berjuang sendiri. Ada puluhan atau bahkan ratusan pilot muda yang juga berjuang untuk mendapatkan pekerjaan. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk berkorban waktu, perasaan, energi, dan juga uang karena proses seleksi yang sulit.

Mulai karir dari menjadi second officer selama bertahun-tahun

Syukur jika Anda sudah berhasil lolos dan mendapatkan pekerjaan di airline. Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak langsung menjadi pilot tapi memulai dari karir dari nol atau dasar dengan menjadi second officer di pesawat kecil. Jika Anda sudah mendapatkan jam terbang yang cukup dan kebutuhan pilot untuk bagian co-pilot atau first officer sedang ada, Anda bisa dipromosikan. Namun, jika sudah penuh, Anda harus menunggu lagi. Setelah berhasil menjadi first officer, barulah Anda bisa menjadi captain pesawat alias pilot tapi di pesawat kecil terlebih dahulu. Setelah berhasil melewati tahapan ini, barulah Anda bisa bekerja di pesawat komersial dengan mengulang kembali posisi Anda menjadi co-pilot.


Berencana untuk Masuk Sekolah Pilot? Yuk, Cari Tahu Ini


Kendati sekolah pilot termasuk salah satu sekolah dengan biaya cukup mahal dan tes seleksi yang tidak mudah, sekolah ini masih tetap diminati anak muda. Yang membuat anak muda tertarik masuk sekolah penerbangan dikarenakan untuk menjadi seorang pilot syarat utama yang harus dipenuhi yaitu, harus lulus dari sekolah satu ini terlebih dahulu. Membahas mengenai sekolah pilot, tentunya tidak akan habis dikarenakan di Indonesia sendiri telah banyak sekolah pilot berdiri baik itu negeri atau swasta. Banyaknya sekolah ini, bisa saja membuat Anda salah memilih. Ini dikarenakan, tidak sedikit dari calon siswa pilot lebih tertarik dengan sekolah yang memiliki tampilan bagus dari sisi luar tapi tidak tahu pasti bagaimana dengan keadaan sekolah yang sesunggugnya. Informasi mengenai sekolah merupakan salah satu modal terpenting bagi Anda yang memiliki rencana untuk masuk sekolah pilot. Ini dia yang harus dicari tahu buat Anda yang berencana untuk masuk sekolah pilot.

Usia sekolah

Maju tidaknya sekolah bisa dipengaruhi oleh usia sekolah. Sekolah yang barus berdiri atau baru dibuka, belum tahu pasti apa yang bakal terjadi kedepannya. Apakah sekolah bisa terus berjalan atau sebaliknya. Jika sekolah tidak bisa terus berjalan, tentunya akan membuat Anda harus terhenti di tengah jalan, rugi waktu dan uang sudah pastinya akan dialami. Untuk mengetahui usia sekolah, ada baiknya datang langsung ke sekolah pilot atau konsultasi dengan konsultan sekolah pilot terlebih dahulu. Melakukan konsultasi dengan konsultan sekolah pilot tidak hanya mengetahui usia sekolah tapi bisa membuat Anda mendapatkan sekolah pilot berkualitas baik. Adapun usia sekolah pilot yang sebaiknya dipilih yaitu sudah berdiri di atas 3 tahun.

Fasilitas yang tersedia

Selain harus mencari tahu mengenai usia sekolah, fasilitas tidak jalah pentingnya. Fasilitas bisa menjadi salah satu penghambat Anda untuk bisa lulus tepat waktu atau tidak. Cari tahu terlebih dahulu fasilitas apa saja yang ada. Pastikan sekolah pilot yang dipilih menyedikan fasilitas-fasilitas berikut ini:

  • Ruang belajar. Pastikan sekolah pilot yang dipilih memiliki ruang belajar yang nyaman agar Anda bisa konsentrasi saat belajar.
  • Lapangan latihan. Pilih sekolah pilot yang sudah memiliki lapangan latihan sendiri agar Anda bisa mendapatkan jam terbang yang maksimal.
  • Pesawat latihan dan instruktur. Setidak sekolah pilot harus menyedikan 1pesawat untuk 5 orang siswa dan 2 instruktur untuk 1 pesawat.
  • Simulator. Sebelum terjun menerbangkan pesawat sungguhan, Anda akan belajar menggunakan simulator terlebih dahulu. Pastikan alat satu ini masih berfungi dengan baik.
  • Pastikan juga bahwa asrama yang ada layak dihuni dan memiliki fasilitas pendukung lainnya agar Anda merasa nyaman tinggal di asrama.

Jenis Lisensi yang ada

Yang tidak kalah pentingnya untuk dicari tahu saat berencana masuk sekolah pilot adalah jenis lisensi yang ada. Lisensi sendiri merupakan surat izin bagi seorang pilot. Ada 4 jenis lisensi di sekolah pilot yang bisa diperoleh, yakni PPL, CPL, IR, dan MER. Pastikan sekolah pilot menyedikan ke 4 lisensi itu. Yang tidak kalah pentingnya pilih sekolah pilot yang telah menyedikan lisensi MER. Ini dikarenakan salah satu penyebab siswa pilot belum bekerja setelah lulus dikarenakan tidak memiliki lisensi satu ini.

Telitilah saat Anda mencari sekolah pilot. Bergabung dengan sekolah pilot berkualitas bisa menjadi pilihan agar meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat masuk sekolah pilot bukanlah sekolah murahan.


Resiko Menimba Ilmu Penerbangan di Sekolah Pilot yang Salah


Satu-satunya jalan untuk mewujudkan impian sebagai pilot adalah menimba ilmu penerbangan di sekolah pilot. Di sekolah ini, kamu bakal menerima teori penerbangan, mempelajari teknik penerbangan dengan simulator, hingga menerbangkan pesawat latih bermesin tunggal didampingi instruktur penerbangan atau sendiri. Setelah masa pendidikan berakhir, kamu akan memperoleh lisensi serta jam terbang yang menjadi bukti kemampuan terbang sekaligus modal untuk melamar kerja. Namun, hendaknya tidak gegabah dalam memilih sekolah pilot karena tidak semua sekolah pilot bagus. Sebelum melakukan pendaftaran di Nusa Flying School, Bali International Flight Academy, atau pendaftaran Aero Flyer Institute 2018, telusuri dahulu profil sekolah pilot tsb. Akan ada resiko dibalik kekeliruan kamu pilih sekolah pilot, sebagai berikut:

Biaya pendidikan ratusan juta terbuang percuma

Kapan sekolah pilot berdiri? Informasi ini seharusnya kamu dapatkan sebelum mendaftar. Kalau memang baru seumur jagung, jangan ambil resiko untuk menjadi kadet di sekolah pilot tsb. Meskipun pihak sekolah tsb memberikan berbagai penawaran menarik seperti biaya pendidikan yang lebih murah, durasi pendidikan yang relatif singkat, atau lainnya. Faktanya, ada kejadian sekolah pilot yang terpaksa ditutup karena manajemen yang tidak profesional. Bagaimana dengan para siswanya? Tentu saja mereka terlantar, pendidikan tidak bisa diselesaikan dan biaya pendidikan ratusan juta terbuang percuma. Apabila memutuskan untuk pindah sekolah, tentunya harus menyiapkan kembali biaya pendidikan full.

Ilmu penerbangan seadanya & lulus lebih lama

Jangan dahulu mendaftarkan diri sebelum mengetahui kualitas fasilitas & instruktur penerbangan yang dimiliki sekolah pilot yang bersangkutan. Jika asal mendaftar, bagaimana jika ternyata sekolah pilot tidak memiliki fasilitas modern dan instruktur penerbangan yang tidak berpengalaman? Ilmu penerbangan yang kamu peroleh seadanya sehingga bakalan sulit bersaing dengan lulusan sekolah pilot lainnya. Keberadaan bandara latihan terbang serta jumlah pesawat latih juga penting ditelusuri. Kalau memang sekolah pilot tidak punya bandara latihan terbang sendiri dan punya pesawat latih yang minim, jangan ragu cari sekolah pilot lainnya. Pastalnya, kondisi tsb memungkinkan kamu lambat lulus karena harus antri terbang untuk mengasah kemampuan terbang sekaligus menambah jam terbang.

Sulitnya masuk ke dunia kerja usai lulus

Reputasi sekolah pilot juga menjadi hal yang penting dipertimbangkan dalam memilih sekolah pilot. Hal ini bisa diketahui dari beberapa pertanyaan berikut: Seberapa banyak lulusan sekolah pilot yang akan dipilih telah bekerja? Seberapa sering insiden yang terjadi di sekolah pilot tsb? Jika mengabaikan reputasi sekolah pilot, bagaimana jika ternyata sekolah pilot yang dipilih punya reputasi yang buruk karena banyak lulusan yang belum bekerja dan sering terjadi insiden? Resiko yang bakal kamu rasakan adalah kesulitan untuk memasuki dunia kerja. Alhasil, dana, waktu, dan tenaga yang telah dikorbankan selama ini sia-sia saja.

Tidak ingin dana, waktu, dan tenaga yang dikorbankan untuk menempuh pendidikan & pelatihan di sekolah pilot sia-sia? Makanya, hati-hati dalam memilih sekolah pilot. Sebagai orang awam dalam sekolah pilot, tidak ada salahnya konsultasi dengan konsultan sekolah pilot. Konsultan sekolah pilot tentunya akan merekomendasikan kepada kamu sekolah pilot yang paling tepat buat kamu. Bahkan, kamu juga bisa memperoleh informasi seputar Biaya Sekolah Pilot Nusa, BIFA, Aero, atau sekolah pilot luar negeri yang kamu tuju dari konsultan.